JANGAN DUDUK TERLALU LAMA

Para ahli mengklaim bahwa duduk terlalu lama dapat menimbulkan berbagai masalah kesehatan, bahkan bagi orang-orang yang rutin berolahraga sekalipun. Penelitian terbaru menunjukkan bahwa sikap bermalas-malasan dapat meningkatkan risiko berkembangnya penyakit diabetes dan jantung, terlepas dari seberapa sering seseorang aktif berolahraga.

Salah satu studi di Stockholm, menemukan bahwa kesempatan berkembangnya sindrom metabolik, yaitu suatu kondisi yang dapat mengakibatkan diabetes, naik sebesar 26 persen untuk setiap jam yang dihabiskan perempuan  dengan duduk sambil menonton televisi. Kenaikan risiko ini bahkan tidak mempertimbangkan berapa banyak olahraga yang telah dilakukan.

Meskipun para peneliti belum sepenuhnya memahami mengapa menghabiskan waktu dengan duduk berlama-lama dapat meningkatkan peluang berkembangnya masalah kesehatan. Namun mereka memperingatkan reaksi kimia dalam tubuh yang dipicu oleh sikap bermalas-malasan yang terlalu lama, tidak dapat dicegah hanya dengan melakukan olahraga lebih banyak.

Para Dokter dari Karolinska Institute dan Swedish School of Sport and Health Sciences di Stockholm, mengatakan bahwa satu-satunya cara untuk meminimalkan efek tersebut adalah dengan mengurangi jumlah waktu untuk bermalas-malasan, tanpa mengerjakan aktivitas apapun. Mereka menyarankan beberapa perubahan sederhana yang bisa Anda lakukan setiap harinya, misalnya memilih naik tangga atau berjalan mengelilingi kantor beberapa menit selama hari kerja.

"Naik tangga daripada harus menggunakan lift dan eskalator, istirahat lima menit selama bekerja, atau berjalan kaki ke toko daripada mengendarai mobil akan menjadi sama pentingnya dengan berolahraga."

Hasil studi yang diterbitkan dalam British Journal of Sports Medicine ini, juga menyatakan: "Di masa depan, fokus praktek dan pedoman klinis sebaiknya tidak hanya mempromosikan dan membatasi pada olahraga, tetapi juga harus mendorong orang-orang untuk mempertahankan tingkat aktivitas mereka sehari-hari [yang melibatkan gerakan]. "

Sumber:http://www.conectique.com

1 komentar:

  1. Ya benar sekali...Ramai mengalami penyakit jantung, diabetes dan strok.Ini bermakna kita hanya perlu sederhana sahaja dalam apa jua aktiviti. Jangan over sangat atau kurang sangat.

    Bagaimana pun thanks for your sharing.

    BalasHapus